Laman

Minggu, 28 Juli 2013

Titik Refleksi

Banyak orang bertanya dimana letak Titik Daerah Refleksi pada tubuh manusia? Sebelum membahas itu, sebelumnya kita akan membahas dulu apa sih titik refleksi atau daerah refleksi?


Daerah Refleksi adalah titik pusat urat-urat syarat. Setiap titik itu bersangkutan dengan organ tubuh tertentu. Daerah Refleksi ini sebenarnya ada terdapat di seluruh tubuh,tetapi yang paling banyak yaitu terdapat di Bagian kaki.

Maka dari itu disini kita akan sedikit membahas mengenai Titik Daerah Refleksi Kaki. Memijat Titik Daerah Refleksi bisa melancarkan sirkulasi darah pada organ yang bersangkutan. Bila ditanya mengapa bisa demikian, sulit dijawab cara pengobatan tradisional ini secara ilmiah. Tetapi khasiatnya dapat dibuktikan dengan nyata. Umpamanya, jari kaki tengah dipijat, maka jari tangan tengah akan merasa panas. Ini membuktikan bahwa Titik Daerah Refleksi jari tangan tengah terdapat di jari kaki tengah.

Seperti kita ketahui bersama, fungsi darah adalah mengantarkan semua bahan kimia, oksigen dan zat makan yang diperlukan untuk tubuh, serta menyingkirkan karbon dioksida dan hasil buangan lainnya. Apabila peredaran darah tidak lancar, maka organ tubuh akan terhambat mendapatkan makanan dan bahan kotoran terlambat dibuang. Lama kelamaan kotoran itu mengendap didalam saluran darah, sehingga fungsi organ yang bersangkutan terganggu oleh kekurangan darah dan makanan, terjadilah penyakit.


Bagi pemijat yang berpengalaman cukup meraba Titik Daerah Refleksi Kaki, maka bisa diketahui penyakitnya datang dari mana. Sebagai daerah refleksi yang sakit bila diraba bisa merasakan adanya semacam pasir, yang berarti di dalam pembuluh darah ada endapan kotor.

Titik refleksi bagian daerah kaki sangat penting untuk diketahui bagi seorang therapist pijat refleksi. Daerah refleksi adalah titik pusat urat-urat saraf, setiap titik refleksi memiliki hubungan secara saraf dengan organ tubuh tertentu. Sebenarnya daerah refleksi ini ada terdapat di seluruh tubuh, tetapi yang paling banyak dan mudah diketahui adalah yang berada di bagian kaki.

Memijat titik daerah refleksi dapat melancarkan sirkulasi darah pada organ tubuh tertentu, oleh karena itu sebelum melakukan pemijatan kita harus mengetahui titik-titik refleksi khususnya di bagian kaki agar khasiatnya dapat dibuktikan dengan nyata. Selain mendapatkan khasiat yang maksimal, dengan mengetahui titik-titik refleksi khususnya di bagian kaki ini akan menjadikan waktu memijat menjadi lebih efektif. Cara kerja terapi pijat refleksi kaki adalah memberikan rangsangan relaksasi pada bagian tubuh yang berhubungan dengan titik saraf kaki yang dipijat. Misalkan kita mengidap sakit mag, kita bisa memijit titik refleksi lambung pada no 15 dengan menggunakan tangan, sampai kita bisa merasakan nyaman pada lambung.



Bagi pemijat yang sudah berpengalaman, dengan meraba Titik Daerah Refleksi Pada Kaki saja, pemijat tersebut dapat mengetahui penyebab penyakit yang diderita oleh seseorang. Umumnya jika titik refleksi yang dipijat terasa sakit itu berarti memang ada masalah pada bagian tubuh tertentu, bila tidak menimbulkan rasa sakit, berarti keadaannya baik (tidak ada masalah).

Pijat refleksi dapat bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga mampu menghilangkan rasa letih, stress, menyembuhkan berbagai penyakit dan lain sebagainya. Dapat kita simpulkan bahwa jika peredaran darah tidak lancar, maka organ tubuh akan terhambat mendapatkan asupan giji/zat yang dibutuhkan, kemudian racun/kotoran dalam tubuh juga terlambat dikeluarkan, jika kotoran tersebut mengendap terlalu lama didalam saluran darah, maka fungsi organ tertentu akan terganggu sehingga terjadilah penyakit.

Pijat refleksi melalui telapak kaki dapat kita lakukan sendiri dengan mengetahui titik-titik refleksi khususnya di bagian kaki seperti yang tampak pada gambar-gambar di atas.

Demikian informasi tentang Cara Mengetahui Titik Refleksi Pada Telapak kaki ini di sharekan di Jambogh Kita, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita khususnya dalam melakukan terapi sendiri melalui refleksi kaki.


Cara Menekan Pada Titik Reefleksi:
Gunakan Jari-jari Seperti Pada Contoh Berikut Ini

1. Dengan Ujung Jari Telunjuk
2. Dengan Ujung Jari Telunjuk Yang Diperkuat Dengan Jari Tengah
3. Dengan Ujung Empu (ibu) Jari
4. Dengan Gelangan Pertama Empu (ibu) Jari
5. Dengan Menekan Titik Refleksi Pada Kaki Dan Tangan Sebelah Kiri Terlebih Dahulu,Kemudian Baru Yang Sebelah Kanan,Karna Pembuluh Darah Yang Ke Jantung Lebih Besar.




Lamanya Menekan Titik Refleksi :

- Tekanlah Titik Refleksi Dengan Tekanan Yang Tidak Perlu Terlampau Keras
- Lebih Lama Dan Seringkali Ditekan Titik Refleksi Tersebut Lebih Baik 1 Sampai 3 Menit
- Sesudah Berulangkali Menekan Titik Refleksi,Sakitnya Makin Lama Makin Berkurang Dan Akhirnya Akan Diperoleh Kesembuhan
- Tekanan Pada Titik Refleksi Yang Tepat,Akan Memberikan Manfaat Bagi SiSakit Dan Bagi Yang Menolongnya
- Tidak Menimbulkan Efek Negatif Pada Si Penderita Penyakit,Manakala Penekanan Pada Titik Refleksi Kurang Tepat.



Fungsi Tekanan Titik Refleksi :

1. Memperbaiki Sirkulasi Darah
2. Memperbaiki Koordinasi Neouro Humoal (kelenjar)
3. Memperbaiki Pertukaran Zat (metabolisme) Dalam Tubuh
4. Memperbaiki Fungsi Organ-Organ Tubuh
5. Memperbaiki Kerja Semua Organ-Organ Tubug
6. Memperkendor Seluruh Sistem Inhibisi(pencegahan-penahanan)






Akibat Perawatan (Efek)

Setelah Perawatan Pada Titik Refleksi Dikaki Dan Tangan Yang Pertama,Kedua Atau Ketiga,Kemungkinan Besar Penderita Akan Mengalami :
1. Gatal-gatal Pada Kulit
2. Suhu Tubuh Menarik (tambah panas)
3. Organ Yang Sakit Bertambah Sakit.
Perubahan-perubahan Tersebut Tidak Berlangsung Lama,Kemudian Sedikit Demi Sedikit Akan Hilang Dan Beangsur-angsur Menuju Kesembuhan.

Note : Kami disini hanya memberikan informasi dari berbagai sumber seperti Buku, Majalah, Media Elektronik maupun Cetak. Kami tidak bertanggung jawab mengenai kevalidan Bahan Ramuan Tradisional, Obat Tradisional, Jamu Tradisional, Obat Kuno dan Ramuan Tradisionallainnya. Segala sesuatu yang terjadi akibat Pijatan Refleksi merupakan tanggung jawab anda sendiri karena kami disini hanya memberikan informasi mengenai obat tradisional dan ramuan tradisional saja.




Sumber :
http://www.naturindofit.com/titik-refleksi.html
http://refleksipijat.blogspot.com/2012/03/titik-daerah-refleksi.html
http://refleksipijat.blogspot.com/2012/03/pijat-refleksi-cara-dan-teknik.html
http://www.iman-nurtoffa.com/cara-menekan-pada-titik-refleksilamanya.xhtml
http://www.ilmukesehatan.com/artikel/titik-refleksi-kelamin-pria.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar