Laman

Rabu, 17 Juli 2013

6 Sifat Perempuan Yang Tak bisa di Jadikan Istri

 

1. Al -Anaanah: 
banyak keluh kesah. Yg selalu merasa tak cukup, apa yg diberi semua tak cukup. diberi rumah tak cukup, diberi motor tak cukup, diberi mobil tak cukup, dll. Tak redha dg pembelaan dan aturan yg diberi suami. Asyik ingin memenuhi kehendak nafsu dia saja, tanpa memperhatikan perasaan suami, tak hormat kepada suami apalagi berterima kasih pada suami. Bukannya hendak menolong suami, apa yg suami beri pun tak pernah puas. Ada saja yg tak cukup.

2. Al-Manaanah: 
suka mengungkit. Kalau suami melakukan hal yg dia tak berkenan maka diungkitlah segala hal tentang suaminya itu. sangat senang hendak membicarakan suami: tak ingat budi, tak bertanggungjawab, tak sayang dan macam-macam. Padahal suami sudah memberi perlindungan macam2 padanya.

3. Al -Hunaanah:
ingin pada suami yg lain atau berkenan kpd lelaki yg lain. sangat suka membanding-bandingkan suaminya dg suami/lelaki lain. Tak redha dg suami yg ada.

4. Al- Hudaaqah: suka memaksa. Bila hendak sesuatu maka dipaksa suaminya melakukan. Pagi, petang malam asyik menekan dan memaksa suami. Adakalanya dg berbagai ancaman: ingin lari, ingin bunuh diri, ingin membuat malu suami, dll. Suami dibuat seperti budaknya, bukan sebagai pemimpinnya. Yg dipentingkan adalah kehendak dan kepentingan dia saja.

5. Al -Hulaaqah:
sibuk bersolek atau tidur atau santai2 dll hingga lalai dg ibadah-ibadah asas, seperti solat berjemaah, wirid zikir, mengurus rumah-tangga, berkasih sayang dg anak2, dll.

6. As-Salaaqah:
banyak berbicara, menggosip. Siang malam, pagi petang asik menggosip terus. Apa saja yg suami kerjakan selalu tidak benar dimatanya. Zaman sekarang ni bergosip bukan saja berbicara di depan suami, tapi dg telfon, SMS, internet, BBM dan macam2 cara yang lain . Yg jelas isteri tu asyik menyusahkan suami dg kata2nya yg menyakitkan.
 

 
 
 
Sabda Rosullullah diatas yang diriwayatkan melalui hadist An-Nasa’I dan Ahmad.

Bagaimana sih istri yang shaleha itu?

Istri shaleha adalah sosok wanita ideal, karena ia mampu menjadikan dirinya sebagai penerjemah ajaran-ajaran syariat yang lurus, akidah yang shahih , akhlak yang sempurna dan tingkah laku yang baik .
Istri shaleha adalah istri yang mampu mendampingi suaminya untuk menjadikan rumah tangganya sebagai komunitas awal dalam membentuk masyarakat islami dan mencetak generasi rabbani .
Istri shalehah adalah sosok pribadi yang selalu taat dan patuh terhadap ajaran-ajaran yang telah Allah syariatkan , taat kepada suaminya dengan selalu menjaga kehormatannya.tidak ada balasan baginya kecuali surga .
Rasulullah SAW bersabda, “ketika seorang wanita menunaikan shalat 5 waktu, berpuasa dalam bulan ramadhan, menjaga kehormatan dan mematuhi suaminya , maka ia akan masuk surga dari beberapa pintu yang ia inginkan. “(HR. Al-Bukhari, Al-Muwaththa’. Dan Musna Imam Ahmad)
Wanita shalihah adalah wanita yang memiliki akidah yang kuat , iman yang mendalam , banyak beribadah , banyak pengetahuan , dan selalu mencontoh akhlak Rasulullah dan generasi salafus shalih sebgai matahri kehidupannya.
Apabila seorang wanita telah menjelma menjadi istri yang shaleha dalam menjalankan hak-hak Allah dan juga hak-hak suaminya , tentu akan disayang Allah dan suaminya , adapun ciri-ciri wanita shaleha secara umum adalah sebagai berikut :
1. Ta’at terhadap perintah Allah dan Rasul-nya Allah SWT berfirman , “….wanita yang shaleha , ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada , oleh karna Allah telah memelihara mereka ….” (QS. An-Nisa : 34 )
2. Selalu menutup aurat Allah SWT berfirman, “wahai nabi ! katakanlah pada istri-istrimu , anak-anakmu dan istri-istri orang mukmin , “hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu . dan Allah maha pengampun , maha penyayang .”(QS. Al-Ahzab:59)
3. Menjaga pandangan Allah SWT berfirman , “ dan katakanlah kepada para wanita yang beriman , agar mereka menjaga pandangannya , dan memelihara kemaluannya , dan janganlah menampakan perhiasannya (aurat) , kecuali yang (biasa) terlihat . dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya dan janganlah mereka menampakan perihasaannya (aurat) , kecuali kepada suami mereka …. “(QS. An-Nur :31)
4. Patuh dan setia terhadap perintah suami dalam keta’atan Rasulullah SAW bersabda, “ Wanita mana saja yang meninggalkan Dunia sementara suaminya ridha terhadapnya pasti masuk Surga.” (HR. At-Tarmidzi dan Ibnu Majah)
5. Lembut dan Pemalu Istri shalihah selalu menghiasi dirinya dengan lembut dan rasa malu. Sebuah sifat yang sangat agung yang dengannya ia akan mendapatkan kasih sayang Allah dan disayang oleh sang suami.
6. Sabar dan tidak mudah putus asa.
7. Cerdas dan berilmu
8. Pecinta dan penyayang Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang suami menatap istrinya dan istrinya membalas pandangan (dengan penuh cinta kasih), maka Allah akan menatap mereka dengan pandangan kasih sayang. Dan jika sang suami membelai tangan istrinya, maka dosa mereka jatuh berguguran di sela-sela jari tangan mereka”
9. Rendah hati, baik, dan peduli terhadap sesama.Seorang wanita shalihah sangat menginginkan kebaikan kepada orang lain sebagaimana ia menginginkan kebaikan itu untuk dirinya sendiri.Ia tidak ingin keburukan menimpa orang lain sebagaimana ia tidak menginginkan keburukan menimpa dirinya.Ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW, “tidaklah beriman (dengan sempurna) salah seorang dari kalian sampai ia mencintai untuk saudaranya sebagaimana ia mencintai untuk dirinya sendiri”
 
 
sumber : 
http://unikboss.blogspot.com
http://www.tipscaraterbaik.com/ciri-ciri-wanita-sholeha.html
http://mukzizatislam.blogspot.com/2012/09/10-wasiat-rosul-buat-wanita-sholehah.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar