Laman

Sabtu, 29 Juni 2013

Berhentilah mengatakan Saya Sudah Melakukan Yang Terbaik!

Membuka Mental Block: Saya Sudah Melakukan Yang Terbaik

“Saya Sudah Melakukan Yang Terbaik”  Penghambat Sukses Anda

Saat Anda mengatakan “Saya sudah melakukan yang terbaik” artinya Anda sudah menutup peluang perbaikan. Ini adalah mental block. Benarkah Anda sudah melakukan yang terbaik? Atau hanya merasa sudah melakukan yang terbaik?

Jika Anda tetap bersikukuh bahwa Anda sudah melakukan yang terbaik, maka Anda sudah punya cukup alasan untuk tidak memperbaiki ikhtiar Anda dan dengan mudah menyalahkan takdir untuk kegagalan atau kekurangan Anda.

Jika Anda sudah merasa melakukan yang terbaik, maka berhentilah sampai disana usaha Anda. Tidak ada usaha tambahan dan tidak ada lagi bagaimana agar Anda mendapatkan hasil yang lebih baik.

Saya Bingung Mau Melakukan Apa Lagi

Bingung berarti Anda BELUM mengetahuinya. Bukan berarti tidak ada cara lagi untuk melakukan ikhtiar Anda dengan lebih baik lagi. Anda harus bisa membedakahan antara “belum mengetahui” dengan “tidak ada”. Mengatakan ‘tidak ada” itu paling mudah sebab Anda menyalahkan apa-apa yang diluar diri Anda. Dan, Anda memiliki cukup alasan untuk berhenti.

Sementara, saat Anda mengatakan “belum mengetahui” maka Anda membuka diri untuk mengetahui cara yang lebih baik lagi, cara tercepat, cara tercanggih, dan sebagainya.

Sekarang Anda bisa melihat, bahwa mengatakan “saya sudah melakukan yang terbaik”, adalah sebuah tanda ada mental block dalam diri orang tersebut. Mulai sekarang, berhentilah mengatakan itu. Potensi yang diberikan Allah itu sangat dahsyat, kita hanya belum menggalinya.

Anda sudah diberikan nikmat oleh Allah, yaitu potensi diri yang luar biasa besar, namun dengan mudah kita bersikap seolah tidak ada lagi potensi dalam diri yang bisa kita gali.

Pertanyaan-pertanyaan Membuka Mental Block

Sudahkah Anda Melakukan Dengan Keterampilan Yang Tinggi?

Banyak sekali contoh, orang yang memiliki keterampilan tinggi mampu melakukan sesuatu lebih cepat dan lebih baik. Pertanyaannya adalah, sudahkan Anda melatih keterampilan diri Anda yang berkaitan dengan pekerjaan Anda?

Sudahkah keterampilan Anda mencapai level tertinggi? Sudahkah Anda melatih diri dengan cara yang benar?

Jika sudah, keterampilan apa saja yang sudah Anda latih dan apakah semua keterampilan yang diperlukan sudah Anda latih?

Jangankan sudah melatih, kadang memikirkannya saja tidak!

Sudahkah Semua Ide Anda Gali?

“Bingung, mau melakukan apa lagi?”

Mengapa Anda bingung?

Sudahkah Anda mengeluarkan semua ide Anda? Jika sudah berapa banyak ide yang mampu Anda keluarkan?

Sudahkah Anda meningkatkan kreativitas sebelumnya? Jika belum, bisa saja memang belum semua ide Anda keluarkan. Jangan dulu mengatakan semua ide sudah Anda keluarkan. Jangan dulu mengatakan mau melakukan apa lagi, jika Anda belum belajar kreativitas. Tingkatkan kreativitas Anda!

Sudahkah Anda Melakukan Dengan Cara Terbaik?

Selain keterampilan yang perlu diasah, perlu juga dengan melakukan pekerjaan dengan cara terbaik. Keterampilan tinggi dan cara yang tepat akan memberikan hasil yang dahsyat. Akan ada banyak cara melakukan sesuatu.

Pertanyaanya apakah Anda melakukan pekerjaan dengan cara biasa?

Atau hanya dengan cara yang hanya bisa Anda lakukan? Sudahkah manajemen diterapkan?

Sudahkah Anda cukup fokus dalam bekerja?

Sudahkah anda memiliki sistem yang sudah teruji untuk melakukan pekerjaan Anda?

Sudahkah Anda memiliki ilmu dan kemampuan tentang menajemen waktu?

Sudahkah konsep revolusi waktu Anda terapkan sehingga produktivitas Anda melejit sampai 2 kali lipat?

Sudahkah Anda mempelajari strategi menjadi juara agar Anda mampu bekerja lebih baik seperti juara atau hanya dengan strategi, teknik, dan kemampuan seadanya?

Sudahkah Anda Memanfaatkan Daya Ungkit?

Dengan daya ungkit, banyak peluang untuk melakukan pekerjaan dengan usaha yang lebih kecil atau dengan sumber daya yang lebih sedikit namun memberikan hasil yang lebih besar. Pertanyaanya, sudahkah anda mempelajari daya ungkit kemudian menerapkannya dalam pekerjaan Anda?

Padahal Robert T. Kiyosaki mengatakan kosa kata kedua setelah melek finansial adalah daya ungkit jika Anda ingin menjadi orang kaya. Tapi, jika Anda tidak mau, lupakan saja belajar daya ungkit apalagi mengaplikasikannya dalam kehidupan Anda.

Sudahkah Anda Melakukan Pekerjaan Seperti Orang Terbaik Dalam Bidang Anda?

Akan ada orang terbaik dalam setiap bidang pekerjaan. Termasuk bidang pekerjaan Anda atau bidang bisnis Anda. Apakah Anda sudah melakukan sebaik mereka. Apakah Anda sudah belajar kepada mereka? Sudahkah Anda membaca bukunya, mengikuti seminarnya, atau mengikuti pelatihannya?

Pertanyaan-pertanyaan diatas belum semuanya. Artinya masih banyak peluang untuk memperbaiki aktivitas Anda termasuk memperbaiki diri sendiri. Jika pertanyaan-pertanyaan diatas masih ada, apalagi banyak, jawaban “belum”, artinya peluang untuk lebih itu masih besar. Jangan katakan “Saya Sudah Melakukan Yang Terbaik”. Saya katakan, belum! Anda belum yang terbaik dan masih bisa lebih baik lagi.

Lalu mulai dari mana? Ternyata masih banyak yang harus dipelajari. Ya, kita tidak perlu menjadi ahli dalam segala hal. Anda harus strategis, memilih aktivitas dan bidang apa yang harus ditingkatkan dengan tepat. Kita tidak mungkin menjadi ahli dalam segala bidang. Pilihlah dengan bijak seperti dijelaskan di video saya The Champion Way.

Berhentilah mengatakan Saya Sudah Melakukan Yang Terbaik!

Cara Meningkatkan Percaya Diri Fokus Ke Dalam Diri

Cara Meningkatkan Percaya Diri Dalam 21 Hari
Cara meningkatkan percaya diri yang fokus ke dalam diri, bukan hanya penampilan atau pun apa yang dipikirkan orang lain terhadap diri Anda. Inilah percaya diri dengan dasar “menjadi diri sendiri” dan keyakinan bahwa Allah sudah memberikan potensi yang cukup kepada kita.

Menjadi diri sendiri bukan berarti seenaknya mau melakukan apa pun yang kita mau, namun pada arti yang sebenarnya, yaitu hidup sesuai dengan postensi yang Anda miliki, potensi yang telah Allah anugrahkan kepada Anda.

Banyak orang rendah diri karena dia tidak menjalani hidup sesuai dengan potensinya. Mereka melupakan atau tidak melihat potensinya dengan benar, sehingga mereka merasa percaya diri. Padahal rasa percaya diri itu milik semua orang. Pertanyaanya, apakah Anda mampu melihat “diri Anda pada tempat semestinya” atau tidak?

Saat Anda mampu melihat diri Anda pada tempatnya, Anda akan lebih percaya diri. Cara meningkatkan percaya diri yang benar adalah seperti ini. Bukan pada penampilan, bukan dengan menjelekan orang lain, atau bukan dengan sebuah pencitraan. Citra diri jauh lebih penting dibandingkan pencitraan.

Inilah Cara Meningkatkan Percaya Diri Dalam 3 Minggu Saja

Bisakah kita meningkatkan percaya diri dalam 3 minggu? Pada dasarnya, dalam beberapa saat saja bisa. Caranya dengan memperbaiki pola pikir, percaya diri kita bisa naik. Metode yang saya kembangkan memerlukan waktu 21 hari agar bisa menanamkan lebih dalam dan lebih kuat rasa percaya diri tersebut. Setelah 21 hari, rasa percaya diri Anda sudah cukup kuat.

Namun sesungguhnya belajar atau peningkatan kualitas diri tidak pernah berhenti. Setelah 21 hari, akan lebih baik kita menjaga dan terus-menerus meningkatkan kepercayaan diri agar semakin hari semakin baik. Yang penting, Anda mengetahui metodenya, Anda bisa mengembangkan kepercayaan diri secara terus-menerus.

Langkah #1: Motivasi

Langkah pertama adalah membangkitkan motivasi. Mengapa Anda harus memiliki kepercayaan diri?
Pada dasarnya Anda akan membuka peluang lebih banyak dengan percaya diri. Setelah percaya diri, Anda akan lebih banyak melakukan dan mencoba dibandingkan saat rendah diri. Saat Anda memiliki keberanian bertindak, maka peluang sukses akan semakin besar.

Ibarat pada mesin mobil, meningkatkan kepercayaan diri ibarat memindahkan gigi persenling, sehingga Anda bisa melju lebih cepat. Jika menginjak gas adalah memacu motivasi, memindahkan gigi sama dengan meningkatkan kepercaan diri Anda. Anda tidak akan pernah melaju kencang jika Anda tetap pada gigi rendah.

Begitu juga dalam hidup, Anda tidak akan pernah bisa meraih pencapaian lebih besar, saat Anda tidak percaya diri untuk menjalankannya. Tidak akan pernah meraih pencapaian dengan lebih cepat dan tidak akan meraih prestasi lebih baik.

Percaya diri tidak ada sangkut pautnya dengan sombong. Ada orang rendah diri namun tetap sombong. Justru orang yang percaya diri akan menatuh hormat kepada sesama berkat kesadarannya akan potensi manusia yang dahsyat, bukan hanya ada pada dirinya, tetapi juga orang lain.

Percaya diri juga bukan sekedar dianggap hebat, namun memang sudah hebat sejak lahir. Hanya saja persepsi diri kita yang menghalangi kehebatan kita masing-masing. Yuk kita buka, persepsi yang membatasi kita. Baca juga: Kesalahan Terbesar Dalam Percaya Diri

Langkah #2 Memiliki Fondasi Yang Kuat

Kebanyakan orang mencari trik dan tips. Itu bagus, namun hanya akan memberikan solusi sesaat jika tidak dilandasi oleh fondasi yang kuat. Anda harus benar-benar menguasai dasarnya. Penguasaan dasar akan memberikan efek lebih lama pada diri Anda dibandingkan hanya menerapkan tip dan trik saja.
Banyak kasus, baru mempelajari fondasi dasar saja, sudah bisa meningkatkan kepercayaan dirinya.

Langkah #3 Membebaskan Diri Dari Belenggu Rendah Diri

Setelah memahami fondasi dasar, maka langkah selanjutkan membebaskan diri dari belenggu. Ya, orang yang rendah diri ada belenggu pada dirinya sehingga dia tidak bisa melejitkan potensinya. Ada sesuatu yang menutupi potensi dirinya. Untuk itu Anda harus membebaskannya. Saat belenggu itu terbuka, kepercayaan diri Anda akan mulai berkembang.

Membuka belenggu adalah langkah terpenting dalam meningkatkan percaya diri, tanpa ini akan sulit.

Langkah #4 Mempertahankan dan Memupuk Kepercayaan Diri Yang Mulai Muncul

Salah satu kesalahan, saat seseorang berusaha meningkatkan kepercayaan diri baru sampai langkah #3. Namun masih rentan untuk turun kembali karena gangguan baik dari diri sendiri maupun dari luar. Inilah kenapa masih banyak orang yang percaya dirinya masih naik turun.
Untuk itu perlu upaya untuk mempertahankan sambil memupuk agar tumbuh kembang. Jika dianalogikan pohon, untuk mempertahankan sebuah pohon agar berkembang dengan baik adalah dengan menghilangkan tanaman pengganggu. Kemudian diberikan pupuk untuk nutrisi perkembangannya.

Langkah #5 Mengokohkan Kepercayaan Diri

Setelah percaya diri Anda tumbuh, maka upaya selanjutnya adalah mengokohkan kepercayaan diri Anda. Disinilah ada program 21 hari yang perlu Anda jalani. Setelah melalui ini, maka Anda akan lebih percaya diri dan tidak mudah jatuh. Dengan catatan, menjalankan program dengan benar dan diikuti secara lengkap.
Banyak yang sudah puas dengan cara meningkatkan percaya diri langkah #4. Namun akan lebih kokoh jika menjalankan langkah #5 ini.

Pengembangan Aplikatif

Setelah lima langkah ini Anda jalani, selanjutnya adalah pengembangan aplikatif. Anda bisa membangun kepercayaan diri sesuai dengan bidang dan profesi Anda. Jika Anda seorang karyawan, Anda lanjutkan pengembangan kepercayaan diri sesuai dengan target karir Anda. Misalnya membangun kepercayaan diri sebagai leader.
Termasuk bagaimana membangun kepercayaan diri untuk wawancara kerja. Kemudian kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum, dan sebagainya. Jadi, meningkatkan percaya diri tidak sebatas untuk pergaulan saja, namun bermanfaat, bahkan penting untuk karir dan bisnis Anda

Gimana Cara Berpikir Positif?
Sebelum kita menjawab gimana cara berpikir positif, ada baiknya kita review, apa sich yang dimaksud dengan berpikir positif. Mengapa harus mengathui definisinya, karena kita tidak akan bisa mencapai sesuai jika kita tidak mengetahui apa yang kita tuju. Anda tidak akan pernah sampai ke Jakarta, jika Anda tidak mengetahui Jakarta itu dimana.

Berpikir Positif Adalah …

Sebuah hadist Qudsi menjelaskan tentang konsep dasar berpikir positif.
Sesungguhnya Allah berkata: “Aku sesuai prasangka hamba-Ku pada-Ku dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada-Ku” (HR.Muslim)
“Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu” (QS.Adh Dhuha: 3)
Para mufassir sepakat bahwa latar belakang turunnya surat ini adalah keterlambatan turunnya wahyu kepada Rasulullah SAW Keadaan ini dirasakan berat oleh Rasul, sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa Muhammad SAW telah ditinggalkan oleh Tuhan nya dan dibenci-Nya.
Ayat ini memberikan taujih (arahan) kepada Rasulullah SAW agar tetap berpikir positif kepada Allah SWT, dan tidak menduga-duga hal negatif atau hal buruk seperti yang ada di pikiran orang-orang munafik dan musyrik.

Hakikat berpikir positif adalah yang datang dari Allah SELALU baik.
Tantangannya adalah, kadang Allah memberikan hikmah dengan cara yang tidak kita sukai. Nah, untuk orang yang berpikir positif, dia yakin bahwa dibalik semua itu ada kebaikan bagi manusia.
Berpikir positif bukan berarti menganggap semua manusia atau makhluq akan selalu berbuat baik kepada kita. Namun yang selalu baik itu datang dari Allah, bahkan melalui kejadian buruk sekalipun. Kita harus berbaik sangka kepada manusia sambil tetap waspada.

Berpikir positif juga bukan berarti semua hal yang salah menjadi baik. Namun kita bisa menemukan kebaikan dibalik kesalahan. Salah tetap salah, namun dibalik kesalahan ada hikmah. Hikmah inilah yang selalu baik.
Berpikir positif juga bisa berarti optimis. Ini kaitannya dengan masa depan termasuk dari yang sedang kita kerjakan saat ini akan memberikan hasil kepada kita. Kebalikannya orang yang pesimis tidak yakin apa yang dia lakukan akan memberikan hasil.

Berpikir positif juga artinya terbuka, sehingga memberikan peluang bagi kita untuk terus melangkah. Sementara pikiran negatif adalah pikiran yang tertutup sehingga dirinya akan tertutup dari keberhasilan.
Silahkan baca artikel lain yang menjelaskan Ciri Orang Yang Berpikir Positif.

Mengapa Harus Berpikir Positif

Gambar dibawah ini bisa menjelaskan, mengapa kita harus berpikir positif.
Gimana Cara Berpikir Positif?
  1. Berpikir positif akan menjadikan hidup kita lebih nyaman, sementara berpikir negatif menjadi hidup kita sempit dan sumpek sebab semuanya terlihat jelek.
  2. Berpikir positif akan menjadikan kita terus bergerak atau bertindak, sementara berpikir negatif akan menjadi kita ragu bahkan tidak bertindak. Tanpa tindakan kita tidak akan berhasil.
  3. Berpikir positif adalah energi yang sangat besar, sementara berpikir negatif akan mengikis habis energi kita yang dibutuhkan untuk meraih sukses.
  4. Banyak hal yang sebenarnya mungkin menjadi tidak mungkin karena berpikir negatif, sebaliknya dengan berpikir positif akan berubah menjadi mungkin.
  5. Dengan berpikir positif, beban hidup akan berkurang karena kita tidak memikirkan hal negatif yang membuat hidup semakin berat.
  6. Berpikir positif, tindakan akan menjadi positif. Berpikir negatif menyebabkan kita bertindak negatif.
  7. Berpikir positif akan menjadikan hubungan kita dengan orang lain akan lebih baik. Orang tidak suka orang yang berpikiran negatif.
  8. Keluarga lebih harmonis jika anggota keluarga berpikir positif semua.
  9. Motivasi akan hancur jika kita selalu berpikir negatif, sebaliknya sumber motivasi datang dari pikiran positif.
  10. Berpikir positif menentukan keberhasilan Anda sebesar 85%. Jika anda sudah berpikir positif, maka 85% keberhasilan insya Allah sudah ditangan, sisanya tinggal masalah teknis. Tentu saja Allah yang menentukan, namun kita sedang berbicara ikhtiar, dan 85% faktor keberhasilan ikhtiar kita diawali oleh pikiran positif.


Bagaimana Cara Berpikir Positif

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu berpikir positif dan apa saja manfaatnya yang dahsyat. Pertanyaanya adalah gimana cara berpikir positif?

Cara Selalu Berpikir Positif dan Terjaga dari Pikiran Negatif

Setelah Anda memahami cara berpikir positif, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana menjaganya? Ini yang menjadi tantangan dan yang menentukan sukses Anda. Hanya mengetahui saja belum cukup, namun pikiran positif harus selalu menyertai pikiran dan tindakan kita. Setiap ada masalah, kejadian, atau apa pun, kita SELALU meresponnya dengan positif. Ini kondisi yang harus kita miliki, yang akan membawa kita kepada keberhasilan.

Kuncinya adalah dominasi! Pikiran kita harus didominasi oleh ide, informasi, gagasan, konsep, dan sistem yang positif. Saat kita merespon, pikiran kita akan mencari informasi di pikiran bawah sadar kita atau memori, kemudian digunakannya untuk merespon. Kejadian ini sering kali terjadi begitu cepat, apalagi jika Anda termasuk orang yang reaktif.

Pertanyaanya adalah bagaimana cara mendominasi pikiran kita dengan pikiran positif? Ada banyak teknik bagaimana agar pikiran positif mendominasi pikiran kita. Semuanya sudah dijelaskan di ebook saya Beautiful Mind Power. Silahkan diaplikasikan, termasuk dengan program Audio yang akan memandu Anda berpikir positif.

 Tujuan adalah alat yang sangat bagus untuk motivasi. Tujuan adalah sumber inspirasi. Tapi jika Anda tidak menggunakannya dengan benar, tujuan Anda juga bisa menjadi sumber frustrasi. Tujuan adalah memberdayakan hanya jika mereka digunakan dengan benar. Sebaliknya, jika tidak membuat tujuan, Anda akan hidup tanpa arah.

Terombang ambing entah berlabuh kemana. Jadi bagaimana Anda membuat tujuan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi Anda?



Berikut adalah strategi yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkan tujuan Anda.
  1. Seimbangkan Tujuan Anda: Dalam hidup Anda, Anda akan memiliki tujuan pengembangan pribadi, tujuan keuangan pribadi dan tujuan-tujuan lainnya. Jangan abaikan satu pun dari mereka. Tidak apa-apa Anda menginginkan sesuatu, tapi jangan lupa untuk menyeimbangkan tujuan Anda dengan memperhatikan tujuan lain agar menjadi pribadi yang utuh. Semua tujuan ini penting bagi Anda. Semuanya harus jelas dan nyata bagi Anda.
  2. Buatlah rencana tindakan dari Tujuan Anda. Tujuan adalah bukan tindakan. Tujuan Anda adalah apa yang Anda perjuangkan. Rencanakan tindakan spesifik yang akan membawa Anda ke arah tujuan tersebut. Gunakan tujuan untuk memberikan kompas untuk tindakan tersebut. Ketika Anda merencanakan tindakan untuk hari ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah rencana Anda mengarah ke tujuan. Tindakan akan menjadi efektif jika Anda memiliki tujuan yang jelas.
  3. Berbagilah Tentang Tujuan Anda: Jika Anda adalah seorang pemanah, apakah Anda merahasiakannya bahwa tujuan Anda adalah untuk menghantam sebuah sasaran? Terlalu banyak orang yang menyimpan tujuan-tujuan mereka. Berbagilah dengan orang-orang yang akan mendukung dan mendorong tujuan Anda. Jangan berbagi dengan orang yang justru akan melemahkan tujuan Anda.
  4. Tuliskan Tujuan Anda: Buatlah tujuan Anda sebenarnya dengan mencatatnya. Taruh salinan dari tujuan Anda pada kartu-kartu indeks dan simpan salinan tersebut di dalam mobil dan di kamar mandi dan pemeriksa secara berkala. Tujuannya agar Anda fokus pada tujuan . Jangan hanya menetapkan mereka dan kemudian mengabaikan mereka. Tujuan Anda adalah seperti sebuah kompas untuk memberi tahu Anda ke mana harus pergi. Yang menarik adalah bahwa Anda bisa memilih arah dari kompas Anda.
  5. Jangan Menyerah: Tujuan Anda dan tindakan yang Anda ambil untuk mendapatkannya adalah hal yang berbeda. Jangan takut untuk mencoba sesuatu,  jika gagal coba sesuatu yang lain. Ambikah tindakan yang efektif dan ambil tindakan besar untuk mewujudkan tujuan Anda dan pahami bahwa tujuan besar akan mengambil banyak langkah untuk mencapainya. Kadang-kadang Anda akan membuat kesalahan, tapi itu tidak berarti ada sesuatu yang salah dengan tujuan. Setiap orang membuat kesalahan, tapi hanya orang yang meninggalkan tujuanlah yang akan gagal total.

Maka, bila anda ingin menjadi seorang entrepreneur sukses memang bukan segampang membalikkan telapak tangan. Tidak semua orang bisa berhasil menjalankan usahanya dan menjadi pebisnis yang handal. Dibutuhkan kerja keras, tekad dan karakter yang kuat untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

Sebenarnya banyak entrepreneur yang sukses yang ada di Indonesia, dan mereka kebanyakan belajar dari dasar hingga menuai kesuksesan. Selain itu, mereka juga belajar bagaimana mempunyai karakter-karakter yang mengantar mereka menjadi entrepreneur sukses.
 
Berikut sepuluh karakter yang mengangkat mereka menuai kesuksesan yang mudah ditiru.

1. Mempunyai kedisiplinan diri yang kuat
Kunci utama kesuksesan seorang entrepreneur itu harus disiplin yang dimulai dari diri sendiri. Dengan membiasakan diri untuk disiplin, maka secara tidak langsung bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan dan mendapatkan kepercayaan dari para konsumen.

2. Selalu kreatif dan inovatif
Seorang entrepreneur sukses selalu memiliki ide-ide segar untuk menciptakan inovasi dan kreasi baru bagi perkembangan bisnisnya. Tingginya tingkat kreativitas yang Anda miliki menjadi salah satu modal utama bagi bisnis Anda, sehingga tidak kalah bersaing dengan bisnis lainnya yang ada di pasaran.

3. Harus mampu memotivasi diri sendiri
Sebagai seorang pengusaha, Anda berperan sebagai bos bagi diri sendiri maupun bagi usaha yang sedang dijalankan. Jika diibaratkan sebuah kapal, maka Andalah yang memegang kendali kapal tersebut. Jadi sebisa mungkin jaga terus motivsi diri Anda, tetap semangat dan jalankan usaha tersebut sebaik-baiknya.

4. Seorang entrepreneur mempunyai jiwa pemimpin
Karakter pemimpin wajib dimiliki seorang pengusaha untuk mengarahkan bisnisnya menuju puncak kesuksesan. Terkadang sebagai seorang pengusaha, Anda dituntut untuk bisa mengambil keputusan dengan bijak tanpa harus merugikan pihak manapun. Karenanya, jadilah pemimpin yang baik bagi diri sendiri, karyawan, dan bagi perkembangan bisnis Anda.

5. Harus bisa memanfaatkan waktu sebagai peluang
Istilah “Waktu adalah uang” merupakan gambaran yang tepat bagi para pelaku usaha. Sebab setiap waktu yang terlewati dimanfaatkan untuk menciptakan peluang-peluang baru dalam rangka mengembangkan usahanya. Jadi tidak ada salahnya bila Anda mencoba mengatur waktu sebaik-baiknya untuk mencapai target-target yang telah Anda impikan.

6. Tidak takut mengambil resiko alias berani
Terkadang seorang pengusaha memandang sebuah resiko sebagai peluang. Naluri inilah yang mendorong para pelaku usaha menjadi seorang “petarung” yang berani mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sebab, pada dasarnya dalam setiap masalah selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha.

7.  Selalu termotivasi untuk menciptakan prestasi
Seorang pengusaha sukses selalu memiliki visi dan misi yang jelas dan berusaha menjadikannya sebagai sebuah prestasi yang harus segera diwujudkan. Dengan pemikiran tersebut, maka Anda akan selalu termotivasi untuk menciptakan prestasi-prestasi baru guna mencapai puncak sukses yang telah diimpikan.

8. Harus berkarakter mandiri
Sebagai seorang entrepreneur, Anda memiliki tanggungjawab penuh atas kemajuan bisnis yang dijalankan. Apa pun yang terjadi pada bisnis tersebut semua tergantung pada diri Anda. Karena itulah dibutuhkan karakter mandiri agar segala hal yang terjadi pada bisnis Anda bisa diselesaikan dengan baik.

9. Tidak berhenti untuk belajar dan selalu menambah wawasan
Bagi calon pengusaha sukses, proses pembelajaran tidaklah berhenti di bangku pendidikan formal saja. Setiap jam adalah belajar, baik belajar dari buku, belajar dari ahlinya langsung, maupun belajar dari pengalaman yang di dapatkannya di kehidupan nyata. Semakin sering Anda belajar, maka semakin luas pula wawasan yang bisa Anda jadikan sebagai modal usaha.

10. Seorang entrepreneur  sukses pantang menyerah
Kegagalan mungkin sudah menjadi bagian dari perjalanan para pengusaha sukses di Indonesia. Namun kegagalan yang mereka alami tidak lantas membuatnya putus harapan dan berhenti menjalankan usahanya. Jiwa pantang menyerah telah tertanam di dalam diri mereka, sehingga selalu ada cara baru untuk bangkit dari kegagalan yang mereka alami. Karakter inilah yang wajib Anda miliki agar kesuksesan yang Anda impikan bisa terwujud sesuai target yang telah ditentukan.
Semoga karakter-karakter itu bisa dijadikan inspirasi dan motivasi bagi Anda agar bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses. (HN)



Sumber:
http://www.dakwatuna.com/2009/11/19/4800/pelajaran-berpikir-positif-dari-surat-adh-dhuha/#ixzz2RiXXvBGm
http://www.motivasi-islami.com
http://semangatwirausaha.blogspot.com/2012/12/10-karakter-entrepreneur-sukses-yang.html



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar