Laman

Rabu, 19 Juni 2013

Berjuang, Menjadi sukses di Usia Muda


Muda dan kaya raya. Dua kata itulah yang melekat kepada deretan anak muda ini yang sukses mengadu nasib di jagat teknologi. Siapa sangka dengan usahanya yang nekat membangun sebuah start-up, justru berujung masa depan yang cemerlang. Sehingga sebelum menginjak umur 30 tahun, para anak muda ini mampu menyabet gelar sebagai orang tajir dan menjalankan perusahaan bernilai miliaran dolar atau jika dikonversi ke rupiah mencapai triliunan.

Mungkin kebanyakan dari remaja dewasa berusia 20-an tahun pergi ke kampus dan menikmati masa muda mereka, mencari pengalaman baru yang jauh dari rumah. Dan sepertinya, beberapa dari kedelapan miliarder dunia dibawah ini juga melakukan hal yang sama.
Namun, ada beberapa hal unik dan menarik, yang mereka lakukan saat berusia 20-an, seperti di bawah ini yang dikutip dari Business Insider, Rabu (17/4/2013).

Berikut kisah 8 orang miliader dunia yang sukses merintis usaha di usia muda :

1. Mark Zuckerberg, menjadi miliarder sebelum 23 tahun

Zuckerberg, yand di-DO (dropped out/keluar) dari Harvard, sudah menjadi miliarder dari Facebook pada usia 23 tahun. Pada usianya yang ke 25 tahun, Facebook telah mencapai sekitar 500 juta pengguna di seluruh dunia. Pada tahun-tahun tersebut, kehidupan Zuckerberg juga diwarnai dengan sengketa hukum, karena klaim dari orang-orang yang telah membantu Facebook berkembang. Dan, pada usianya yang 26 tahun, Zuckerberg, mendapatkan penghargaan bergengsi dari majalah TIME.
2. Bill Gates, mendirikan perusahaan sendiri, mengembangkan bahasa pemrograman untuk sistem komputer baru.
Senasib dengan Zuckerberg, pada awal usia 20-an tahun Bill Gates di-DO dari Harvard. Kemudian ia memutuskan untuk memulai perusahaan software sendiri dengan temannya, co-founder Microsoft, Paul Allen.
Sejarah resmi Microsoft mengatakan bahwa pada tahun 1975, ketika Gates baru berusia 20 tahun dia dan teman Paul Allen terinspirasi oleh MITS Altair 8800, sebuah sistem komputer. Gates dan Allen mulai mengembangkan bahasa BASIC untuk Altair.
Satu bulan kemudian, Gates dan Allen menjual BASIC, bahasa pemrograman komputer pertama untuk komputer pribadi, kepada konsumen pertama Microsoft, MITS di Albuquerque, NM.
3. Steve Jobs berjalan kaki ke India pada usia 20-an tahun dan memiliki pengalaman yang mengubah hidup, tak lama setelah ia kembali dari perjalanannya ia menjadi seorang Buddhis.
Pada usia 19, Steve Jobs mengambil pekerjaan sebagai teknisi di perusahaan game legendaris Atari. Pada saat ia berusia 20 tahun, ia memiliki reputasi untuk “menjadi orang terpandai di ruangan”, sekaligus orang yang paling sulit diajak kerjasama. Pada usia 21, Jobs dan teman lamanya, Steve Wozniak membentuk perusahaan mereka sendiri, menjual papan sirkuit. Mereka menamakannya “Apple Computer Company”, setelah musim panas membahagiakan yang Jobs habiskan dengan memetik apel.
4. Steve Ballmer menjalani kehidupan yang lebih tradisional di usia 20-an.
Pada usia 20-an tahun, Steve Ballmer kuliah di Harvard University di mana ia mengambil jurusan matematika dan ekonomi. Di Harvard, Ballmer mengikuti jejak pendiri Microsoft Bill Gates. Setelah lulus kuliah Baller bekerja selama dua tahun sebagai manajer produk asisten di perusahaan consumer goods, Proctor & Gamble (P&G).
Pada usia 24, Ballmer keluar dari Sekolah Bisnis di Stanford untuk menjadi karyawan Microsoft ke-30. Ballmer menjadi manajer bisnis pertama perusahaan yang disewa langsung oleh Bill Gates.
5. Larry Page dan Sergey Brin, kandidat Ph.D di Stanford, tapi itu tidak berlangsung lama.
Pada usia 20-an tahun pendiri dan co-pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, bertemu. Pada saat itu keduanya adalah kandidat Ph.D di Stanford University.
Brin mengatakan, “tampaknya kami sama-sama tidak terlalu tertarik pada sebagian besar mata pelajaran.” Namun setelah menghabiskan waktu bersama, Page dan Brin, “menjadi tekan diskusi dan teman dekat.”
Brin dan Page kemudian mengembangkan algoritma PageRank, dan menyadari bahwa itu dapat digunakan untuk membangun sebuah mesin pencari yang jauh lebih baik daripada yang sudah ada. Dan, pada saat mereka berusia 25 tahun, mereka mulai Google, mesin pencari terbesar saat ini.
6. Michael Dell selalu menjadi seorang pebisnis, bahkan sejak dari masa mudanya.
Sebelum usia 20, Michael Dell sudah menginvestasikan uang dari pekerjaan paruh waktu di saham dan logam mulia. Setelah lulus SMA, Dell terdaftar sebagai mahasiswa pra-kedokteran di University of Texas di Austin. Selama waktu ini ia memulai usaha informal menjual kit upgrade untuk PC dari asramanya.
Pada usia 19, Dell keluar dari kuliahnya dan mendirikan bisnis komputer, yang menjual dalam PC upgrade, kit, dan add-on komponen, dengan harga antara US$ 50 ribu dan US$ 80 ribu. Pada usia 27, Dell menjadi CEO termuda yang memiliki perusahaan dengan peringkat dalam daftar majalah Fortune dari 500 perusahaan teratas.
7. Larry Ellison butuh waktu sedikit lebih lama dari yang lain untuk menemukan panggilannya .
Pada usia 20 Larry Ellison keluar dari dua universitas yang berbeda Illinois dan pindah ke California Utara. Selama akhir 20-an Ellison ia bekerja di berbagai perusahaan. Ellison terinspirasi ketika bekerja pada sebuah proyek database untuk CIA yang kemudian menggelitiknya untuk mendirikan perusahaan sendiri. Belum genap usia 30-an Ellison sudah melesat dengan perusahaan yang kita kenal sekarang sebagai Oracle.
8. Elon Musk telah menjual dua perusahaan sebelum ulang tahunnya yang ke-30, dan menjadikannya seorang miliarder.
Pada usia 20-an tahun, Elon Musk lulus dari University of Pennsylvania Wharton School program sarjana Bisnis. Selain itu, ia juga menerima gelar kedua di Fisika. Dia kemudian melanjutkan untuk mengambil studi pascasarjana di Stanford University, namun keluar dua hari setelah dimulainya sekolah.
Musk memulai sebuah perusahaan dengan saudaranya disebut Zip2 yang dijual ke Compaq seharga US$ 300 juta. Pada usia 28 tahun, ia mulai sesuatu yang kemudian menjadi PayPal dan hanya berselang empat tahun kemudian, PayPal dijual ke eBay dengan harga US$ 1,5 miliar
Semua orang pasti ingin menjadi sukses, sukses dalam pendidikan, sukses dalam perekonomiannya, dan suskses dalam segala hal. Dan anda juga pasti ingin menjadi kaya, baik kaya harat dan kaya hati. Sebenarnya jika anda ingin menjadi sukses itu gampang dan mudah dilakukan (tentu dengan usaha yang keras dan terus belajar) dan tidak membutuhkan pangkat dimasa mudanya. Tetapi kebanyakan orang berfikir jika kita ingin sukses, kita harus berpangkat tinggi terlebih dahulu (anak raja / anak presiden). Sebenarnya tanggapan seperti itu salah... Tanggapan seperti itu akan membuat kita pasrah tidak berbuat apa-apa dan hanya terpuruk dalam pusaran takdir. Yang lebih parahnya lagi, tanggapan seperti itu akan membuat kita patah semangat. 
Jika anda dari Indonesia, apakah anda mengenal Bong Chandra, Ippho Santosa, atau M. Shojirin. Mereka adalah tokoh-tokoh orang sukses yang tidak mempunyai pangkat dimasa mudanya. Mereka semua adalah tokoh-tokoh yang dulunya hidup disegerombongan orang- orang miskin dan rata-rata keluarga mereka serba kekurangan. 
Lalu bagaimanakah mereka bisa menjadi sukses???. 
Mereka tidak ikutan kuis-kuis "reg reg" seperti di TV. Mereka melakukannya dengan kerja keras dan terus belajar. Baik belajar materi ataupun belajar dari pengalaman. Sekali lagi, bagaimana mereka bisa menjadi orang sukses hingga sampai terkenal??? 

berikut 10 cara terampuh  mereka untuk menjadi orang sukses dan kaya.

1. Berdagang

Hanya sebagian orang saja didunia ini yang mengetahui bahwa berdagang bisa menjadikan kita sukses. Padahal berdagang ini sudah menjadi tradisi kesuksesan manusia sejak zaman nabi Muhammad SAW dan orang - orang china zaman dahulu. Mereka adalah orang - orang sukses lewat jalur berdagang. Ingat yang saya bicarakan adalah berdagang bukan bergadang.. hehe...,. Kenapa mereka sukses dalam jalur berdagang??. Yang jelas mereka tidak pakai dukun-dukunnan hehe....,. Mereka berdagang secara jujur, ramah, dan yang pastinya, selalu berdoa kepada yang maha kuasa. seperti halnya nabi Muhammad SAW, ia tidak pernah membohongi pembeli dan selalu berdoa kepada Allah SWT. Ia berdagang secara jujur dan tidak pernah menaikan harga barangnya, dia hanya berkata

Muhammad : harga asli sayur ini dari khadijah seharga 10000 rupiah per ikat (dianggap dalam rupiah), silahkan anda ingin memberi saya ongkos berapa??

begitulah cara nabi Muhammad SAW berdagang, ia tidak pernah menaikkan harga barang nya sekalipun. Berbeda dengan pedagang Indonesia, mereka menaikaan harganya terlalu tinggi (mungkin karena pembelinya yang suka menawar sampai setengah herga kali ya...). Tapi cobalah anda meniru cara berdagang nabi Muhammad, insyaallah anda akan mendapatkan rizki yang banyak layaknya Muhammad SAW

2. Kerja keras / Usaha

Jika anda ingin sukses, pastilah anda harus bekerja keras. Dan hal ini harus sering dilakukan setiap hari, agar hasil yang kita dapat itu maksimal. Seperti halnya presiden pertama kita SOEKARNO.. Beliau bisa menjadi presiden dan memerdekakan Indonesia juga dengan kerja keras, bukan menunggu alien datang membasmi Belanda.....he he...

3. DOA

Disini Doa merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh untuk mencapai kesuksesan. Jika anda tidak pernah berdoa dalam melakukan segala hal, Allah pasti menyebut diri anda adalah sombong, egois, dan pelit. Dan Allah juga tidak akan memberikan rizki sepenuhnya kepada anda (hanya setengahnya). Kerja keras dan Doa merupakan suatu kesatuan yang tidak boleh goyang (harus berimbang), karena masing-masing nilai Kerja keras dan Doa itu hanya 1/2. Jika anda hanya bekerja kersa tetapi tidak pernah berdoa, anda akan mendapat 1/2 dari rezeki yang anda dapat. Oleh karena itu, selain berdoa langsung kepada Allah, montalah restu pasanganmu dan keluargamu (terutama orangtua) untuk mendoakan kesuksesan anda.

4. LOA

Saya yakin, kebanyakan dari anda sudah mendengar tentang LOA / hukum tarik-menarik (terutama penggemar Ippho Santosa). LOA adalah hukum tarik menarik (Law of Attraction). Supaya lebih mudah, kita sebut saja LOA. Intinya begini : Apa yang anda pikirkan, itulah yang semesta berikan. Boleh juga dibilang : Pikiran andalah yang menarik segala sesuatu. Though Become Things. Tentunya dengan izin yang maha kuasa. Dan tahukah anda, LOA itu terkait dengan DOA dan Kerja keras??? contohnya adik saya (Muhammad Azka Naufal, 2 tahun). Mata kanannya terkena beling dan katanya divonis buta karena retinanya robek. Tapi saya tetap berharap dia bisa melihat dan terus berkhayal kalau dia bisa melihat (tentunya dengan DOA dan Kerja keras untuk mencarikan obat aneh yang bisa mengobati mata yang divonis buta menjadi normal). Akhirnya pengorbanan keluarga kami pun tak sia-sia, mata adik saya yang kanan bisa melihat lagi walaupun hanya sedikit (tidak bisa jarak jauh). Dan sampai sekarang pun saya masih berharap dengan kesembuhan total mata kanan Azka. Dengarkan saya, gabungkan adab DOA, LOA, dan Kerja keras agar membuat impian anda semakin terwujud dalam waktu yang jauh lebih cepat.

5. Berfikir positive

Seperti halnya cerita tentang adik saya diatas. Dalam hal itu, saya tidak pernah percaya teori retina orang robek akan menyebabkan kebutaan yang tidak bisa diobati. Karena saya yakin dan terus berfikir positive, didunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Seperti halnya sungai dalam laut, danau dalam laut, dan hutan dalam laut yang masih ada sampai sekarang. Semua itu adalah kuasa Allah SWT yang aneh tapi nyata...

6. Sedekah

Banyak orang yang lambat kaya dan suksesnya karena tidak besedekah. Maka dari itu, saya menyarankan anda semua untuk memperbanyak bersedekah. Jangan salah, sedekah itu membawa kesuksesan dan kekayaan lebih cepat. Keuntungan bersedekah yaitu : Mempercepat kesuksesan dan kekayaan, Disenangi banyak orang, Lebih dulu masuk surga. Ada sebuah cerita, dimana saat akhirat nanti, tepatnya didepan pintu surga, ada 3 orang yang masing-masing berprofesi sebagai Dokter, Guru, dan Pengusaha yang mempertanyakan siapa yang akan masuk surga terlebih dahulu

Guru : Pasti saya yang akan masuk surga duluan, karena saya telah membirikan ilmu yang banyak kepada murid-murid saya

Dokter : Anda salah, sudah jelas saya yang akan masuk surga duluan, karena saya telah membantu menyembuhkan banyak orang

Pengusaha : Kalian salah. Sayalah yang akan masuk surga duluan, karena sayalah yang telah membiayai pembangunan rumah sakit dan sekolah kalian...

akhirnya sang Guru dan Dokter berbaris dibelakang  seorang Pengusaha.

jelas cerita tadi 100% bohongan. Tapi, cobalah anda ambil hikmahnya dan lakukan apa yang tadi pengusaha lakukan.

7. Jangan mengeluh

profesionalisme adalah yang paling utama. Lance Armstrong pernah berkata, “There are two kinds of days: good days and great days.” Hanya ada dua macam hari: hari yang baik dan hari yang sangat baik. Adalah baik jika kita tidak pernah mengeluh, walaupun suatu hari mungkin kita akan jatuh dan gagal. Mengapa? Karena setiap kali gagal, itu adalah kesempatan bagi diri kita untuk belajar mengatasi kegagalan itu sendiri sehingga tidak terulang lagi di kemudian hari. Hari di mana kita gagal tetap sebagai a good day (hari yang baik). 

8. Berani mengambil resiko

Jelas, tanpa ini tidak ada kesempatan sama sekali untuk menuju sukses. Sebenarnya setiap hari kita menanggung resiko, walaupun tidak disadari penuh. Resiko hanyalah akan berakibat dua macam: be a good or a great day. Jadi, tidak perlu dikhawatirkan lagi bukan? Kegagalan pun hanyalah kesempatan belajar untuk tidak mengulangi hal yang sama di kemudian hari dan tentunya ambang kepada kesuksesan akan lebih dekat.

9. Senang mempelajari hal-hal baru

Bong Chandra adalah orang sukses di bidangnya yaitu memotivasi orang. Tapi, saat dia mendirikan salon mobil, apakah dia beralih profesi. Apakah dia berhenti sebagai Motivator. Jelas tidak, dia tetap seorang motivator, namun dengan kegemarannya mencari hal-hal baru serta langsung menerapkannya, maka dunia bisnis semakin terbuka luas baginya. Dunia bisnis ibarat sebagai tempat bermain yang luas dan tidak terbatas. Jadi senang belajar dan mencari hal-hal baru merupakan sebuah sikap kesuksesan.

10. Berteman dengan banyak orang (terutama yang kaya), selalu bekerja sama, dan membina hubungan baik

Berteman dengan orang-orang kaya juga merupakan cara menjadi orang sukses dan kaya. Karena saya percaya jika kita mempunyai teman yang sukses dan kaya, kita akan ketiban kaya juga. Lalu bekerja sama dan membina hubungan baik. Apalagi kerja sama didalam sebuah tim / kelompok. Kembali kita mengambil contoh Donald Trump. Dalam serial TV The Apprentice, Trump memiliki tim yang loyal dan menjadi perpanjangan tangan dirinya dalam menemukan para calon “orang kepercayaan” yang baru. Pada akhirnya, Trump akan memiliki sebuah tim yang sangat loyal dan bervisi sama dengan menciptakan jaringan kerja yang baik, sehingga jalan menuju sukses dan kaya itu semakin lebar.
Yuk belajar berbisnis dari yang kecil. Belajar memanfaatkan waktu online kita yang terkadang tidak menghasilkan apapun, dan sekarang kita ubang menjadi menghasilkan bepapaun. Daripada waktu habis untuk sosial media yang hanya membuat galau, lebih baik kita mnafaatkan dengan sosial media yang membuat hati dan pikiran senang dan tenang, coba kita mulai dengan masuk Link berikut, http://adf.ly/Qh7F8, nda ingin mengubah hidup anda, coba gabung kami di http://adf.ly/QP6OV. Bisnis perlu juga membangun pasar konsumen loyal, Loyalitas konsumen merupakan keuntungan terbesar bagi para pengusaha.  Jadi tidak mengherankan bila loyalitas  tersebut dijadikan target utama dalam berbisnis. Karena dengan terciptanya loyalitas konsumen yang tinggi, maka hal tersebut merupakan kabar baik bagi perkembangan bisnis kedepannya. so, bagaimanakah cara menciptakan loyalitas konsumen tersebut? coba baca artikel berikut,  http://adf.ly/QIxCb , mulailah berkreatif membuat video sbg media iklan, http://adf.ly/QIZbw . atau mau mencoba bisnis lain, Yang suka belanja online, dan Ingin kartu kredit Gratis? pesan dalam sebulan jadi, dengan logo mastercard, yuk pesan disini, Payooner, sangat mudah menggunakannya, coba pejari di blog saya, http://adf.ly/QLaHl atau langsung saja daftar melalui afiliasi payooner saya dengan klik di, http://share.payoneer-affiliates.com/a/clk/5198LT



Semoga Bermnafaat, :)

Sumber :
http://agendamerah.wordpress.com/2013/05/21/seberapa-besar-peluang-talk-fusion-di-indonesia/
http://peluangusaha31.blogspot.com/2012/08/cara-menjadi-orang-sukses-dan-kaya-di.html
http://bisnismanajemen.co.id/2013/04/kisah-sukses-8-miliader-muda-kelas-dunia/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar