Laman

Sabtu, 29 Juni 2013

Bagaimana Hidup anda akan Berbeda?

Mengapa kita harus membangun komitmen dalam wirausaha? Sebab tanpa komitmen Anda tidak akan mengalami kemajuan. Jangankan maju, jika tidak komitmen, bertahan pun tidak. Bisnis memerlukan komitmen yang tinggi. Komitmen memastikan Anda tetap melangkah. Tanpa melangkah, anda tidak akan mencapai tujuan.

Ngomong-ngomong, komitmen itu ada sich?

Jika kita membaca kamus, arti dari komitmen itu adalah:

An agreement or pledge to do something in the future or something pledged. (Sebuah kesepakan atau perjanjian untuk melakukan sesuatu di masa depan atau sesuatu yang sudah disepakati.)
Sumber: http://www.merriam-webster.com/dictionary/commitment

Saat Anda memutuskan untuk berwirausaha sesungguhnya Anda sudah berkomitmen (berjanji/sepakat pada diri sendiri). Komitmen wirausaha akan menuntut komitmen lainnya lebih detil yang harus Anda penuhi.
Merek adalah komitmen. Sebuah mereka menjanjikan nilai, manfaat, dan kelebihan tertentu. Saat berbisnis produk atau jasa dengan merek tertentu Anda akan terkait dengan janji yang ada pada merek Anda. Untuk itu dalam kualitas, pelayanan, dan pengiriman harus sesuai dengan janji Anda. Ini hanya bagian dari komitmen.

Saat Anda memulai sebuah bisnis, Anda otomatis terikat dengan komitmen melayani pelanggan Anda. Baik secara langsung maupun tidak (melalui anak buah Anda).

Jadi wirausaha itu adalah komitmen itu sendiri. Tanpa memenuhi komitmen, usaha Anda tidak akan berjalan. Membangun komitmen dalam wirausaha itu bukan hanya penting, tetapi harus!

Membangun Komitmen Dalam Wirausaha Dimulai Dengan Visi dan Misi

Apa yang akan Anda lakukan untuk bisnis Anda? Seorang wirausaha yang berkomitmen itu adalah mereka yang selalu memenuhi janji-janji seorang wirausaha. Pada dasarnya, jika Anda sudah menjadi seorang wirausaha, Anda otomatis terikat pada kedua janji ini:
  • menghasilkan nilai untuk masyarakat sekitar
  • mengembangkan usaha agar nilai yang diterima oleh masyarakat lebih besar
Lalu, bagaimana dengan keuntungan? Keuntungan hanyalah konsekuensi jika Anda memenuhi janji diatas. Semakin komitmen Anda akan semakin besar keuntungan Anda. Sudah otomatis. Jadi seorang wirausaha sejati, yang dipikirkannya adalah nilai, bukan keuntungan semata.

Dalam prakteknya “janji” akan komitmen Anda adalah ada pada visi dan misi. Jadi mulailah membangun visi dan misi Anda. Anda tidak akan bisa membangun komitmen dalam wirausaha tanpa membangun visi dan misi yang berlandaskan nilai yang ingin Anda berikan.

Kata kunci dari definisi visi adalah look atau view yang bisa kita artikan adalah gambaran atau pandangan. Menurut definisi diatas, vision is a long-term view, yang artinya visi adalah gambaran jangka panjang.
Jadi, saat kita bicara visi pribadi, lihatlah gambaran jangka panjang Anda yang diinginkan. Mau menjadi orang seperti apa Anda nanti? Itulah visi Anda. Untuk mudahnya, jika Anda akan membuat pernyataan visi, maka awalilah dengan kata “menjadi”. Buatlah gambaran seideal mungkin. Jangan takut untuk tidak tercapai. Ini arah hidup Anda. Anda akan menemukan jalas sukses, jika Anda sudah mengetahui akan pergi kemana.

Berbeda dengan visi, misi adalah “fundamental purpose” atau tujuan dasar dari sebuah organisasi atau perusahaan, termasuk individu. Misi menjelaskan apa alasan keberadaan dan apa yang dilakukan untuk mencapai visi Anda. Misi adalah cara untuk mencapai visi. Intinya adanya organisasi Anda untuk apa? Keberadaan diri Anda itu untuk apa?

Agar mudah, jika Anda akan membuat pernyataan misi adalah dimulai dengan kata kerja sambil pikiran kita fokus berpikir bagaimana cara mencapai visi kita.

Tujuan dalam bahasa Inggris disebut goal atau objektif. Tujuan adalah hasil yang diinginkan untuk waktu tertentu. Bedanya dengan misi ialah, jika misi berbicara tentang tujuan keberadaan organisasi atau individu, sementara tujuan memiliki cakupan lebih kecil dan merupakan bagian dari misi. Jika misi disebut tugas, maka tujuan adalah tugas-tugas kecil yang merupakan bagian dari misi.

Jadi visi misi tujuan adalah sistem dasar hidup Anda. Sistem ini sangat berguna agar hidup Anda lebih terarah dan bermakna. Ya, Anda perlu membuat visi misi tujuan meski untuk kehidupan pribadi Anda, jika Anda ingin memiliki hidup yang lebih bermakna.

Mengapa Kita Memerlukan Kekuatan Visi

Kekuatan Visi   The Power Of Vision

Sebelum kita membahas apa itu kekuatan visi dan apa manfaatnya untuk kita, saya ingin sedikit menjelaskan apa itu visi bagi Anda yang belum memahaminya. Sebab kita tidak akan bisa mendapatkan kekuatan visi jika kita belum memahami apa itu visi.
Saya akan jelaskan dengan sederhana, visi itu adalah gambaran masa depan Anda sesuai dengan peran yang Anda lakoni saat ini. Sebagai seorang ayah, mau menjadi ayah seperti apa nanti. Sebagai seorang pebisnis, mau menjadi pebisnis seperti apa nanti. begitu juga sebagai seorang karyawan, mau menjadi karyawan seperti apa nanti. Kata kunci visi adalah menjadi.

Mengapa Kekuatan Visi Begitu Penting

Saya tidak akan berteori, namun akan menyajikan bukti nyata dari seseorang yang sudah terbukti berhasil mendapatkan pencapaian luar biasa dari kekuatan visi.

Anda kenal Muhammad Al Fatih? Ya, beliau adalah penakluk Konstatinopel. Apa yang istimewa?
Kita patut belajar kepada beliau, karena menurut Rasulullah saw, beliau adalah sebaik-baiknya pemimpin sebagai dijelaskan dalam sebuah hadits,

Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.”
[H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]

Salah satu rahasia keberhasilan Muhammad Al Fatih adalah karena memiliki visi yang kuat. Visi bahwa Muhammad Al Fatih akan menjadi penakluk Konstaninopel, dan ini sudah ditanamkan sejak kecil. Para guru beliau selalu menanamkan visi ini sejak kecil. Beliau diyakinkan bahwa beliau akan menjadi pemimpin yang dimaksud dalam hadits tersebut.

Penaklukan Konstatinopel itu bukanlah hal yang mudah. Sudah banyak sultan-sultan yang mencoba menaklukannya namun tetap saja tidak berhasil. Jadi ini adalah pencapaian luar biasa, yang salah satu faktor keberhasilannya adalah visi yang kuat yang ditanamkan sejak kecil.

Tentu saja, bukan hanya visi yang kuat yang menjadikan beliau sukses. Namun berbagai persiapan, pengorbanan, dan kesabaran juga memiliki peran dalam penaklukan itu. Tetapi semua persiapan dan pembangun pasukan beserta kelengkapannya berdasarkan visi yang kuat ini. Silahkan baca disini untuk membaca artikel yang menjelaskan bagaimana beliau bisa menaklukan kota tersebut.

Visi ibarat sebuah blue print atau cetak biru. Saat Anda membangun rumah, apalagi rumah besar, akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki blue print dalam membangun rumah itu. Bukti bahwa blue print itu begitu penting, Anda harus membayar mahal seorang arsitek untuk membuatnya.

Bahkan membuat rumah kecil pun sama, ada “blue print” yang tetap menjadi panduan meski pun tidak tertulis dan hanya tergambar dalam kepala. Anda tentu sudah punya gambaran, rumah Anda akan menjadi apa, meski pun Anda tidak punya cetak biru secara fisik, tetapi ada di kepala Anda. Anda tidak akan pernah bisa membuat rumah jika Anda tidak mengetahui rumah seperti apa yang akan Anda bangun.

Kekuatan Visi Berguna Untuk Anda Dan Tim Anda

Jika Anda seorang pebisnis, maka kejelasan visi juga sangat penting untuk tim Anda. Anda harus memberitahu visi Anda kepada semua tim dan pastikan mereka memahaminya dengan baik. Seorang pemborong bangunan rumah pun memahami blue print dan mengarahkan anak buahnya sesuai blue print sehingga terbentuk rumah sesuai dengan keinginan Anda.

Inilah jawaban mengapa perusahaan-perusahaan besar selalu punya visi, karena akan memudahkan owner, pemimpin, dan semua karyawan di perusahaan itu untuk bekerja.

Kekuatan Visi Untuk Pengembangan dan Kesuksesan Pribadi

Saat Anda sudah memiliki visi yang jelas, hidup Anda akan lebih terarah dan efektif. Untuk itulah Anda juga harus memiliki visi pribadi Anda sesuai dengan peran-peran yang Anda lakoni.

Cara Menyusun Visi Pribadi

Langkah Pertama

Visi diawali oleh misi hidup Anda. Masih banyak yang keliru, menempat misi setelah visi. Hal ini karena mereka tidak memahami apa itu visi dan apa itu misi. Ya, segalanya dimulai dengan misi Anda. Mau apa Anda hidup? Sebagai seorang Muslim, ada dua misi utama yaitu sebagai hamba Allah dan khalifah di muka bumi. Jika Anda mau merumuskan misi-misi yang lebih kecil lagi, selama itu bagian dari kedua misi ini, silahkan saja.

Langkah Kedua

Setelah Anda memahami apa misi Anda, kemudian sekarang peran apa yang akan Anda lakoni dalam mengemban misi Anda. Peran yang dimaksud adalah seperti peran ayah, peran ibu, peran seorang pebisnis, peran seorang karyawan, peran sebagai tetangga, peran sebagai pemimpin, dan sebagainya. Setiap orang akan memiliki beberapa peran sekaligus. Ada peran yang sudah menjadi bawaan, ada juga peran pilihan sesuai dengan minat dan potensi Anda.

Langkah Ketiga

Dari setiap peran yang Anda lakoni, imajinasikanlah Anda ingin menjadi seperti apa nanti. Jika Anda seorang pebisnis, dalam misi sebagai hamba Allah dan khalifah, Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang seperti apa. Gambarkanlah dengan ideal. Ya dengan ideal. Idealisasi itu penting, meski kita tahu tidak akan pernah mencapainya, namun akan mengarahkan kita untuk memberikan yang terbaik.

Oh ya, jika Anda ingin mendapatkan panduan lebih detil tentang cara membangun visi, dilengkapi dengan arahan audio, silahkan miliki produk saya Beautiful Mind Power. Bukan hanya visi yang dibahas, tetapi faktor-faktor sukses lainnya juga.




Hidup Anda Akan Berbeda

Jika Anda sudah memiliki visi yang kuat, hidup Anda akan berubah. Hidup Anda akan terarah dan semua yang Anda lakukan akan efektif. Dan yang lebih penting adalah kekuatan visi itu menjadikan hidup Anda lebih bermakna sesuai dengan misi hidup manusia.

Muhammad Al Fatih memiliki visi menjadi penakluk, karena memang peran beliau sebagai sultan. Mungkin Anda tidak menjadi penakluk kota terkuat, namun Anda bisa menjadi penakluk yang lainnya. Anda bisa menjadi seorang pengusaha besar yang membawa kebaikan untuk sebanyak-banyaknya umat. Semua itu dimulai dengan memanfaatkan kekuatan visi.


sumber :
http://www.motivasi-islami.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar