Laman

Selasa, 12 April 2011

Do'a


Do’a

Doa merupakan inti ibadah dan berpahala besar, tidak ada satu ibadahpun tanpa berdoa. Doa mempunyai kemampuan luar biasa yang tidak terjangkau oleh kemampuan akal dan usaha manusia. Dengan doa, perkara susah berubah menjadi mudah, orang yang sakit menjadi sembuh, orang yang miskin menjadi kecukupan, urusan berat menjadi ringan, orang benci menjadi senang, orang celaka atau binasa menjadi selamat, dan perkara yang jauh menjadi dekat serta orang yang berdosa bisa mendapat pengampunan.

Setiap muslim selalu membutuhkan doa, begitu juga manusia dalam kehidupan selalu membutuhkan sandaran untuk setiap keluh kesahnya dan tidak mungkin setiap usaha bisa berhasil tanpa berdoa. karena seorang muslim tidak lepas dari nilai perjuangan dan mustahil perjuangan tersebut berhasil tanpa disertai doa dan memohon pada Allah. Maka doa adalah senjata andalan bagi setiap muslim, sehingga benar kata pepatah, perjuangan harus disertai dengan doa. Itulah senjata ampuh bagi seorang mukmin dalam mengarungi bahtera hidup di dunia fana ini.

Tetapi tidak semua doa bernilai ibadah dan pahala serta terkabulkan, sebab terdapat kekeliruan, penghalang dan kesalahan yang menjadi penyebab do'a tersebut tertahan. Maka sangat perlu bagi setiap muslim mengetahui aturan, etika, syarat-syarat dan tata-cara berdoa yang benar sesuai syariat, karena ada seseorang yang berdoa untuk kebaikan malah yang didapat kecelakaan dan kebinasaan akibat kekeliruan dalam berdoa. Sungguh sangat disayangkan seseorang yang bermaksud baik ternyata mendapatkan kebalikannya.

Etika Bedo’a & Sebab-sebab Terkabulnya Do’a
  • Harus ikhlas hanya karena Allah ‘Azza wa Jalla semata.
  • Mengawali dengan sanjungan dan pujian.
  • Harus sungguh-sungguh serta yakin akan dikabulkan do’anya.
  • Mendesak (terus-menerus) dalam berdo’a dan tidak terburu-buru. Allah tambah senang ketika hamba-Nya semakin sering meminta.
  • Berdo’a dalam keadaan lapang maupun susah.
  • Berdo’a hanya ditujukan kepada Allah, tidak kepada yang lainnya (wali, mayit, dll).
  • Mengakui tentang dosa-dosa kita (ada dalam do’a sayyiddul istighfar).
  • Memanjatkan do’a tiga kali.
  • Tawasul dengan asma’ul husna dan sifat-sifat-Nya yang Maha Tinggi, atau dengan amal shalih yang pernah dikerjakan sendiri atau dengan do’a seorang shalih yang masih hidup yang berada di hadapannya.
  • Berdo’a pada waktu-waktu, keadaan dan tempat-tempat yang dikabulkannya do’a.
  • Menghadirkan hati dalam berdo’a.
  • Tidak mendo’akan keburukan kepada keluarga, harta, anak dan diri sendiri.
  • Merendahkan suara dalam berdo’a, antara samar dan keras.
  • Tidak membebani diri dalam membuat sajak dalam berdo’a.
  • Merendahkan diri (tadharru’), khusyu’, raghbah (berharap untuk dikabulkan) dan rabbah (rasa takut jika tidak dipenuhi).
  • Mengembalikan hak orang lain yang didzalimi disertai dengan taubat.
  • Menghadap kiblat.
  • Mengangkat kedua tangan. Dalam riwayat Abu Dawud, disebutkan paling tinggi hanya sebatas bahu. Tidak ada riwayat satupun yang menyebutkan mengusap muka ketika usai berdo’a.
  • Jika memungkinkan berwudhu terlebih dahulu.
  • Tidak berlebih-lebihan dalam do’a.
  • Makanan, minuman yang dikonsumsi, serta pakaian yang dikenakan harus berasal dari usaha yang halal.
  • Tidak berdo’a untuk suatu dosa atau memutuskan silaturahmi.
  • Menjauhi segala bentuk kemaksiatan.
  • Hendaklah orang yang berdo’a memulai dengan mendo’akan diri sendiri, jika dia hendak mendo’akan orang lain.
  • Harus menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.

Jika do’a belum terkabul, instrospeksilah pada dirinya. Dan jika seandainya belum terkabul juga, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya hikmah yang terkadung di dalamnya sangat banyak. Kita harus berbaik sangka kepada Allah atasnya. Tidaklah seorang muslim berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a yang di dalamnya tidak mengandung dosa dan pemutusan silaturahmi, melainkan Dia akan memberikan kepadanya salah satu dari tiga kemungkinan; dikabulkan segera do’anya itu, atau Dia akan menyimpan baginya di akhirat kelak, atau Dia akan menghindarkan darinya keburukan yang semisalnya.
Maka para sahabat pun berkata : ‘Kalau begitu kita memperbanyaknya’, Beliau bersabda : ‘Allah lebih banyak (memberikan pahala)’ [HR Tirmidzi No. 3573 (V/566 dan V/462)]





10 Sebab do’a tidak terkabul


Dari Syaqiq Al Balkhi berkata : "Suatu hari Ibrahim Bin Adham (Abu Ishaq) berjalan di pasar basrah lalu ia dikelilingi oleh orang ramai dan mereka bertanya kepadanya : "Ya Abu Ishaq,
Allah berfirman ; bermaksud "Mintalah olehmu sekelian kepada Ku nescaya Aku kabulkan. Dan kami telah satu tahun berdoa dan doa kami belum dikabulkan !".
Ibrahim bin Adham menjawab : "Bagaimana Allah hendak mengkabulkan doa kamu sedangkan hati kamu tertutup oleh 10 perkara".

1.         Kamu telah mengetahui Allah tetapi belum tunaikan haq-haqNya.
2.         Kamu telah membaca Al-Quran tetapi tidak melaksanakan tuntutannya.
3.       Kamu telah mengetahui syaitan sebagai musuh tetapi masih mentaatinya dan menyetujui seruannya.
4.         Kamu menyatakan kamu umat Muhammad s.a.w tetapi tidak mengerjakan sunahnya.
5.       Kamu mengatakan dirimu akan masuk syurga tetapi tidak mengerjakan apa-apa amalan yang akan membawamu ke syurga.
6.      Kamu mengatakan dirimu selamat dari neraka tetapi ternyata kamu memasukkan dirimu kepadanya.
7.         Kamu mengatakan mati adalah benar tetapi tidak bersiap-siap menghadapi mati.
8.   Kamu sibuk meneliti aib atau cacat teman-temanmu tetapi tidak pernah melihat aibmu sendiri.
9.  Kamu telah makan dan merasakan nikmat Tuhanmu tetapi tidak mahu bersyukur kepadaNya.
10.      Kamu telah menguburkan mayat-mayat rekanmu tetapi tidak mengambil pengajaran dari mereka.

Selamat Berdoa Teman, :)

Yuk belajar berbisnis dari yang kecil. Belajar memanfaatkan waktu online kita yang terkadang tidak menghasilkan apapun, dan sekarang kita ubang menjadi menghasilkan bepapaun. 

Daripada waktu habis untuk sosial media yang hanya membuat galau, lebih baik kita mnafaatkan dengan sosial media yang membuat hati dan pikiran senang dan tenang.

Mau dapatkan memanfaatkan blog gratis anda untuk mendapatkan dollar gratis, klik BlogDollar atau Anda Yang suka belanja online, dan Ingin kartu kredit Gratis? pesan dalam sebulan jadi, dengan logo mastercard, yuk pesan disini, Payooner , sangat mudah menggunakannya. 

Atau mungkin Anda ingin menambah teman baik di kawasan sekitar anda atau bahkan sampai ke luar negeri, atau anda butuh menambah kenalan atau relasi untuk bisnis anda, coba gabung di FRIENDFINDER , setelah anda mendaftar, anda akan merasakan sensasi tersendiri dalam memiliki teman dimana mana, buktikan!
  
Cara Meningkatkan Traffic Blog dan Website-, Sebuah website dikatakan berarti jika website atau blog tersebut dikunjungi oleh banyak pengunjung. Bagaimana cara meningkatkan traffic blog atau website Traffic blog merupakan sebuah ' nyawa ' dari suatu blog yang tentunya tidak boleh tidak ada. Tanpa kehadiran pengunjung yang dapat meningkatkan traffic blog maka apa yang telah kita buat atau apa yang telah kita tulis menjadi sia sia belaka.

Lain halnya jikalau umur blog masih kategori baru maka lumrah sekali akan hal itu. Seperti seorang bayi yang baru belajar berjalan tentunya tidak dapat berjalan dengan cepat dan kokoh seperti seorang dewasa bukan ?  
Jadi traffic yang meningkat sangatlah diharapkan oleh semua blogger, dengan pengharapan apa yang telah kita tulis dapat dibagikan dan dapat bermanfaat untuk orang lainTngkatkan Traffik Blog atau website anda dengan mendaftar di linkcollider .




Check PageRank

Alexa Certified Site Stats for http://agendamerah.wordpress.com
Check Page Rank of your Web site pages instantly:
This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar